Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Panen Ketela, Cibening Siap Memperkuat Ketahanan Pangan

 CIBENING – Pemerintah Desa Cibening, Kecamatan Bungursari telah memasuki masa panen hasil pertanian, kali ini Desa Cibening akan memanen hasil tani berupa ketela yang telah ditanam semenjak musim kemarau pada bulan Februari kemarin. Sejumlah perangkat Pemerintah Desa, Petani, dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri turut serta dalam memanen hasil bumi tersebut. “Ketela merupakan makanan pokok selain beras dan jagung yang biasa masyarakat Desa Cibening konsumsi setiap harinya. Selain sebagai makanan pokok, nantinya ketela ini juga akan dijual yang mana hasilnya sebagai pendapatan asli desa.” Ujar Kepala Desa Cibening, Yandi Efendi, Jum'at (08/9/2023).   Pemerintah Desa Cibening memilih Tanaman Singkong(ketela) sebagai hasil bumi karena menyesuaikan dengan musim kemarau yang sedang berjalan pada periode bulan Februari hingga bulan Agustus cocok untuk tanaman singkong(ketela). Selain itu, budidaya singkong(ketela) sangat mudah karena hanya dengan metode Stek yaitu memotong bagian batang tanaman itu sendiri.   Adanya hasil bumi yang telah dipanen ini diharapkan nantinya dapat memenuhi ketahanan pangan masyarakat Desa Cibening, serta sebagai Pendapatan Asli Desa yang nantinya juga akan digunakan untuk kepentingan masyarakat Desa Cibening. (Fachrur Rozzy)

MENGENAL LEBIH DEKAT DESA CIBENING

Desa merupakan salah satu bukti bahwa keberadaan pemerintahan yang tersusun rapi menjadi ciri khas negara ini. Desa sebagai administrasi pemerintahan yang paling bawah dalam posisi pemerintahan memiliki  struktur yang sangat baik dalam pembagian tugas pelayanan kepada masyarakat. Mengacu pada Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Pemerintah Desa adalah kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Perangkat desa bertugas membantu kinerja kepala desa dalam melaksanakan tugas dan fungsi Pemerintah Desa.   Di dalam pemerintahan desa memiliki struktur administrasi yang biasa disebut pamong oleh masyarakat Desa Sidomukti. Pamong terdiri atas  carik atau sekretaris desa, kepala urusan atau kaur, Kepala seksi atau kasi, serta kepala dusun atau kadus. Mari kita mengenal Pemerintah Desa Cibening:  Kepala Desa                            : Yandi Efendi Sekretaris Desa                       : Nera Rianti Kaur Keuangan                        : Nurdin Kaur Tata Usaha dan Umum : AtIk Nurhasanah Kaur Perencanaan                   : Asep Taryana Kasi Pemerintahan                   : Erniyanti Kasi Kesejahteraan                  : Ragil Ramadhan Kasi Pelayanan                        : Puji Hardiyanti Kepala Dusun 1                       : Atep Mustopa Kepala Dusun 2                       : Ade Imanudin Kepala Dusun 3                       : Rochman Kepala Dusun 4                       : Dodi Pahrijal Kepala Dusun 5                       : Ahmad Zulfahmi Selain adanya  struktur pemerintahan di Desa Cibening Juga Memiliki visi dan misi desa.Visi dan misi desa adalah pernyataan tujuan dan arah yang ingin dicapai oleh pemerintah desa dan komunitasnya dalam jangka waktu tertentu. Visi dan misi ini bertujuan untuk memberikan panduan dan fokus dalam pengembangan dan pembangunan desa. Berikut ini visi dan misi Desa Cibening: Visi Desa : “Mewujudkan Cibening Berprestasi “ Misi Desa : Mengoptimalkan fungsi pemerintahan yang jujur , berwibawa , dan profesional. Mewujudkan pemerataan pembangunan. Mewujudkan perekonomian berbasis kewilayahan. Meningkatkan kualitas pendidikan, keagamaan , dan kesejateraan sosial. Menumbuhkan kembali jiwa gotong royong untuk kehidupan yang harmonis. Kepala Desa dan Perangkat desa setiap hari Senin hingga Jumat bekerja di Balai Desa Cibening guna mengadakan pelayanan publik bagi masyarakat Desa Cibening. Senin hingga Jumat pukul 07.30-15.30 WIB.(Rizal Aziz)  

PERBAIKAN SALURAN DRAINASE DESA CIBENING UPAYA MENCEGAH EROSI TANAH AKIBAT MUSIM PENGHUJAN

PERBAIKAN SALURAN DRAINASE DESA CIBENING UPAYA MENCEGAH EROSI TANAH AKIBAT MUSIM PENGHUJAN BUNGURSARI - Pemerintah Desa Cibening, Kecamatan Bungursari melakukan perbaikan drainase/ saluran air di sepanjang jalan lingkungan di Dusun  1 Rt 005/ Rw 007. Kegiatan ini memiliki tujuan agar aluran air menjadi lancar. Drainase yang dibangun juga sebagai penguat tepian jalan Program ini merupakan bantuan provinsi tahun 2023 yang dikerjakan oleh TPK Desa Cibening.Proyek ini dikerjakan sepanjang 110 meter. "Saluran irigasi yang ada di dekat perlintasan rel kereta api, diupayakan tidak sampai ada genangan air kotor, karena genangan air tersebut biasanya yang menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat permukaan tanah menurun terbawa air hujan ,,"kata Kepala Desa cibening, Yandi Efendi, Rabu (07/9/2023). Yandi Efendi mengatakan, sebelumnya sepanjang jalan ini tidak memiliki drainase air. Sehingga ketika musim penghujan air hujan membuat permukaan tanah semakin tergerus oleh aliran air yang tidak ada drainase tadi"Kalau arus airnya banyak akan berbahaya bagi penguna jalan karena sewaktu-waktu dapat longsor. Untuk itu titik ini harus segera dibuatkan drainase sebelum musim hujan," katanya. Yandi Efendi mengatakan perbaikan irigasi dibiayai salah satu bantuan ke desa."Target perbaikan drainase ini akan dikebut pada musim kemarau saat ini sehungga nanti saat musim pengbhujan drainase ini dapat digunakan dengan efektif.Perbaikan saluran drainase ini akan dikerjakan ditempat lain guna sebagai upaya dari perbaikan sanitase sehat Desa Cibening," katanya. (Rizal Aziz)

Penyambutan Praja IPDN di Desa Cibening Kec Bungursari Kab Purwakarta Tahun 2023

Hari yang penuh kegembiraan tiba di Desa Cibening ketika praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tiba untuk menjalani Program Pengabdian Masyarakat mereka. Kehadiran mereka disambut hangat oleh Kepala Desa beserta Perangkat Desa Cibening. Sebanyak 8 praja IPDN dari berbagai latar belakang jurusan dan asal tinggal, dengan laki-laki 5 orang dan perempuan 3 orang. Program ini merupakan bagian integral dari kurikulum IPDN yang bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon pegawai negeri sipil untuk mengenal lebih dekat kehidupan di masyarakat, khususnya daerah perdesaan. Selama program ini, praja IPDN akan terlibat dalam berbagai kegiatan seperti penyuluhan, pelatihan, pengelolaan webdesaku dan program lainnya. Mereka juga akan belajar lebih dalam tentang struktur pemerintahan desa dan peranannya dalm mengelola sumber daya lokal. Pak Yandi Efendi, selaku Kepala Desa Cibening sangat antusias tentang kedatangan praja IPDN. Ia menyatakan “kami sangat senang dengan kedatangan praja IPDN ke Desa Cibening. Kami siap bekerja sama dengan mereka dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan selama program ini”.

Desa Cibening Ikuti Pelatihan Website Desaku

  PURWAKARTA-Untuk meningkatkan kualitas penggunaan Website Desaku, Operator Desa Cibening mengikuti kegiatan pelatihan Jurnalis dan Marketing Place dengan menggunakan Website Desaku.   Pelatihan yang diselenggarakan oleh Diskominfo Setda Purwakarta di Bale Maya Datar Pemkab Purwakarta Rabu (10/8) diikuti oleh 63 Operator Desa selama satu hari. Dalam pemaparannya salah satu narasumber dari salah satu Jurnalis Purwakarta Adi Kurniawan Tarigan mengatakan bahwa dalam langkah penulisan harus mengacu kepada kaidah 5W1H dan EYD yang merupakan dasar dari sebuah penulisan.   “Dalam penulisan yang baik harus memenuhi unsur 5W1H dengan memperhatikan EYD,”jelas narasumber dari Jurnalis Purwakarta Adi Kurniawan Tarigan Rabu (11/8).   “Selain itu penulisan sendiri tidak keluar dari objek yang akan diberitakan, ditambah lagi akan lebih menarik dengan adanya foto yang berkaitan dengan objek berita,”ujarnya.   “Banyak hal yang bisa kita jadikan informasi atau berita singkat yang bisa dilakukan dalam seputaran kegiatan desa, yang harus digaris bawahi adalah penggunaan dasar 5W1H,”pungkasnya.   Dalam kegiatan pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Kabid Komunikasi dan Informatika Diskominfo Purwakarta Yus Junaedi dan diikuti 63 Operator Desa yang menangani Website Desaku. (Ragil)