Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

BUDIDAYA SUKSES,BUMDES DESA CIBENING PESTA PANEN IKAN PATIN

BUDIDAYA SUKSES,BUMDES DESA CIBENING PESTA PANEN IKAN PATIN

Cibening, Hari ini bumdes desa cibening melakukan pemanenan ikan patin yang ada di kolam peternakan ikan yang ada di desa cibening. Panen ini dilakukan saat ikan patin sudah berumur 6 bulan denagn kisaran berat mencapai 0,5 – 1,5 kilogram per ekor. Sesuai dengan ukuran ikan yang diinginkan di pasaran. Total panen ikan pada panen kali ini yaitu 250 kilogram. Hasil penjualan dari ikan patin ini akan di prioritaskan untuk pengadaan bibit ikan dan pakan ikan untuk panen selanjutnya kemudian sisa dari ini akan dibagi hasil 80 % untuk bumdes dan 20% untuk pemerintah desa yang nantinya akan masuk ke pendapatan asli desa. Target penjualan ikan patin ini akan dijual untuk memenuhi kebutuhan kabupaten purwakarta dan nantinya akan terus dikembangkan kapasitas panen untuk di jual keluar kota.Saat  ini bumdes desa cibening memiliki 6 kolam peternakan yang terbagi menjadi 2 jenis 2 kolam untuk pembibitan dan 4 kolam untuk pembesaran. Kolam ikan ini dibangun di atas tanah milik pemerintah desa cibening.

Pemilihan ikan patin sebagai usaha yang dijalankan oleh bumdes yaitu ikan patin merupakan jenis yang mudah untuk dibudidaya ,permintaan yang tinggi khususnya untuk daerah purwakarta ,pertumbuhan ikan yang  relatif cepat sekitar 6 bulan dan setahun bisa panen 2 kali,ikan patin merupakan ikan yang tahan akan perubahan kondisi lingkungan seperti fluktuasi suhu dan kualitas air yang tidak ideal, biaya dalam proses pembudidayaan yang tidak terlalu banyak dan potensi keuntungan yang tinggi yang diperoleh budidaya ikan patin.Namun, penting untuk diingat bahwa budidaya ikan patin juga memerlukan perawatan yang baik, manajemen yang efisien, dan pemahaman tentang kebutuhan ikan patin agar berhasil. Pemantauan kondisi air, pemberian makanan yang tepat, dan pemeliharaan yang baik sangat penting dalam budidaya ikan patin yang sukses.

Program budidaya ini selain untuk memberdayakan masyarakat desa cibening juga sebagai dukungan terhadap program ketahanan pangan yang digaungkan oleh pemerintah kabupaten purwakarta.(ram)

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler