Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Cibening Semakin Mandiri !! Ciptakan BIOFLOK Ikan Nila untuk Masyarakat

Cibening Semakin Mandiri !! Ciptakan BIOFLOK Ikan Nila untuk Masyarakat

Program BIOFLOK sebagai Upaya Pengembangan Budi Daya Ikan Nila di Desa Cibening

(Jum'at, 8/9/2023)

Pentingnya Ketahanan Pangan: Landasan Untuk Keberlanjutan dan Kesejahteraan

Ketahanan pangan adalah salah satu aspek utama dalam pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan manusia. Ini bukan sekadar tentang memiliki cukup makanan untuk memenuhi kebutuhan harian, tetapi juga tentang memastikan akses yang berkelanjutan dan merata terhadap sumber daya pangan yang berkualitas, serta keberlanjutan sistem pangan yang dihasilkannya.

Apa Itu Ketahanan Pangan?

Ketahanan pangan adalah kondisi di mana semua orang memiliki akses fisik dan ekonomi yang cukup terhadap makanan yang aman, bergizi, dan memadai untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Ini juga mencakup aspek keberlanjutan, yang berarti bahwa sistem pangan harus mampu memenuhi kebutuhan generasi masa depan tanpa merusak lingkungan alam.

Bioflok Sebagai Upaya Mencapai Ketahanan Pangan

Kelebihan Sistem Bioflok

  • pH air relatif stabil. Kestabilan pH bermanfaat menurunkan kandungan amonia pada air. 
  • Tidak memerlukan penggantian air terus menerus, karena pergantian air akan mengakibatkan biosecurity mati. pergantian air hanya dilakukan ketika terdapat gumpalan (flock) yang terlalu banyak
  • Limbah yang ada pada kolam budidaya akan didaur ulang menjadi pakan berprotein tinggi, sehingga biaya pembelian pakan dapat diminimalisir

Ketahanan pangan adalah landasan penting untuk mencapai keberlanjutan dan kesejahteraan manusia di seluruh dunia begitu juga di Desa Cibening Kecamatan Bungursari. Untuk mencapainya, diperlukan upaya bersama dari berbagai pihak. Hanya dengan kerja sama yang kuat kita dapat memastikan bahwa semua orang memiliki akses terhadap makanan yang cukup, aman, dan bergizi untuk kehidupan yang sehat dan produktif. Salah satu program kegiatan dari adanya ketahan pangan yaitu dilakukan pada upaya mengenai peningkatan budidaya ikan nila yang ada di desa cibening yang dilakukan oleh Masyarakat dan para perangkat desa yang ada di Desa Cibening. Dalam upaya peningkatan budidaya ikan nila, Pemerintah Desa Cibening melakukan salah satu program yaitu dengan membuat Bioflok. Teknologi budidaya ikan system Bioflok adalah suatu teknik budidaya melalui rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaat mikroorganisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan. (Tzeeah Salsabila)

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler